Kingdom of Heaven

Kingdom of Heaven adalah Nukilan Hadits

Iseng2 nonton film dengan genre sejarah, film Kingdom of Heaven ini patut dilihat. Sebelumnya saya ragu untuk menonton film ini karena pada umumnya film-film barat cenderung anti Muslim, apalagi film ini bertemakan Perang Salib yang merupakan konflik terbuka antara Islam dan Kristen pada abad pertengahan. Tetapi di lain pihak, saya sangat menyukai film-film kolosal. Setelah menonton film ini saya sangat terkejut karena ternyata film ini sangat berhasil untuk menyajikan konflik Perang Salib tanpa berat sebelah (paling tidak menurut standar saya).

Jika anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven, maka perang antara Constantine XI Paleologus dengan Muhammad Al-Fatih jauh lebih ketat, tidak hanya dalam hitungan hari tapi berminggu-minggu.

Dan yang paling penting sebenarnya yang membuat saya terkagum2 dengan gigihnya para punggawa perang itu karena sejak awal film ini saya yakin diilhami oleh hadits Rasulullah, sebuah hadits yang cukup terkenal..

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]

Jauh sebelum perang penaklukan kota Konstantinopel yang sekarang menjadi kota Istanbul Turki, Rasulullah SAW telah meramalkan bahwa hanya pemimpin terbaik dan pasukan2 yang terpilihlah yang nanti akan berjuang mengambil alih kota lawas Istanbul.

Selain itu adanya hadits Rasulullah SAW yang menggambarkan kegigihan pasukan penakluk Konstantinopel adalah “Mana yang terkalahkan lebih dahulu, Konstantinopel atau Romawi?” Beliau menjawab, “Kota Heraklius-lah yang akan terkalahkan lebih dulu.” Maksudnya adalah Konstantinopel.” [H.R. Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim]

Yang mengincar kota ini untuk dikuasai termasuk bangsa Gothik, Avars, Persia, Bulgar, Rusia, Khazar, Arab-Muslim dan Pasukan Salib meskipun misi awalnya adalah menguasai Jerusalem. Arab-Muslim terdorong ingin menguasai Byzantium tidak hanya karena nilai strategisnya, tapi juga atas kepercayaan kepada ramalan Rasulullah SAW melalui riwayat Hadits di atas.

Film ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang mempelajari sejarah terutama Islam.. Mudah2an bermanfaat. Amin..

Published by Ika

I am Rafter, Blogger, and Teacher

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *